Kamis, 02 Maret 2017

Cara Menggunakan BOOTSTRAP

Tidak ada komentar


Cara Menggunakn Bootstrap

Untuk penggunaan  Bootstrap yang pertama kali di lakukan adalah melakukan instalasi Bootstrap terlebih dahulu. Bisa mendownload nya langsung di Bootstrap pada website resminya di http://getbootstrap.com/getting-started/ atau langsung mintak ke temen-temennya yang sudah berpengalaman dalam menggunakan bootstrap..
Untuk saat ini Bootstrap telah di rilis sampai Versi 4

     Cara Menginstal Bootstrap
Teman-teman kalau Menginstall Bootstrap ada beberapa cara bisa menggunakan Bootstrap dengan composer, bower, npm, secara offline dan online. Berikut ini adalah contoh perintah untuk Menginstall Bootstrap menggunakan bower :
  • bower install bootstrap
Menginstall Bootstrap menggunakan npm :
  •  npm install bootstrap
Install Bootstrap dengan composer
  • composer require twbs/bootstrap
 Tetapi cara yang paling banyak digunakan adalah dengan cara Offline dan Online.
Cara Menginstall Bootstrap Secara Online 
Teman-teman perhatikan ya cara Menginstall Bootstrap secara Online. Syntax di bawah ini teman-teman letakkan saja pada bagian <head>pada halaman HTML teman-teman sama seperti menghubungkan Html dengan CSS dan Javascript.

  • Cara Menginstall Bootstrap Secara OfflineCara 
Menginstall Bootstrap secara offline ini singkat banyak digunakan oleh pada developer, karena teman-teman dapat bekerja menggunakan Bootstrap tanpa harus terkoneksi dengan internet lagi.
Lain dengan penginstalan Bootstrap secara online  yang secara fil Bootstrap nya terletak pada server luar.
Setelah teman-teman mendownload Framwork CSS Bootstrap kemudian ekstrak pada projek teman-teman dan di bawah ini 3 file yang bernama CSS , Font , Js adalah file Bootstrapnya

 Kemudian teman-tema untuk menghubungkan atau menginstall Bootstrap buat sebuah file HTML atau PHP yang akan kita hubungkan dengan Bootstrap. Disini saya membuat sebuah file dengan nama index.html.
Bootstrap juga memerlukan jquery karena untuk bagian Javascript Bootstrap memerlukan jquery, jadi jangan lupa untuk menambahkan juga file jquery pada folder js Bootstrap atau letakkan sesuai keinginan anda asalkan direktori saat menghubungkan file css dan js sesuai.
Ketikkan script berikut pada text editor dan simpan dengan extensi html / php 

Dan saya akan jelaskan mengenai script diatas. Coba perhatikan pada script diatas. Untuk menghubungkan file html atau php sobat dengan bootstrap.css memerlukan script berikut :

Teman-teman lalu hubungkan file html atau php sobat dengan bootstrap.js dan jquery.js. Ingat letakkan jquery.js pada bagian atas karena bootstrap bekerja menggunakan bantuan jquery bukan jquery menggunakan bootstrap.
Kemduian class "btn" pada element <button> merupakan Class Bootstrap yang dapat digunakan untuk membuat tombol. Dan "btn-danger" , "btn-primary" adalah untuk menentukan warna dari tombol tersebut. Kita tidak membahas kegunaan tombol pada Bootstrap pada postingan kali ini tapi lanjut ke tutorial berikutnya saja karena postingan ini hanya untuk pengenalan saja teman-teman.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar